span.fullpost {display:inline;}

Sabtu, 02 Juni 2012

Pentingnya Antivirus dan Firewall pada Komputer Online


Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang Pentingnya antivirus dan firewall pada komputer online, bahwa seiring dengan kemajuan teknologi dan pemrograman telah berkembang pesat juga jenis-jenis virus-virus jahat yang sangat membahayakan bagi komputer kita apalagi pada komputer yang sering di gunakan untuk online internet, bahkan sekarang para hacker pun bisa mengendalikan dan menguasai komputer yang terkoneksi dengan internet dari jarak jauh melalui IP dan Port.

Sebenarnya virus itu adalah sebuah produk aplikasi atau program yang mampu menyusup ke dalam suatu sitem keamanan perangkat lunak atau software, tentunya dalam perangkat kerasnya atau hard drive tersebut belum terpasang anti virus dan firewall. Dulu saya pernah meremehkan anti virus dan virewall padahal laptop saya tiap hari dipakai buat online. dan ternyata benar pada suatu hari komputer sata  terinveksi virus yang kemudian berujung pada penyesalan, dan sekarang saya baru menyadari betapa pentingnya antivirus dan firewall pada komputer saya.

Komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan internet sudah semestinya wajib mempunyai firewall yang aktif sebagai bagian dari sistem keamanan komputer itu sendiri. Firewall ini bisa diibaratkan seperti bodyguard atau satpam yang menjaga keamanan rumah, membatasi dari orang-orang yg hendak berkunjung
kerumah, mengetahui siapa saja yg hendak keluar masuk rumah dan lain sebagainya yg menyangkut keamanan rumah tersebut.

Apa sih Firewall itu, Firewall adalah suatu sistem keamanan, baik berupa software atau hardware, yang digunakan untuk mengamankan komputer dengan cara memonitor informasi yang keluar masuk komputer saat berada dalam jaringan komputer atau internet.

Nah dengan adanya antivirus dan firewall yang terpasang pada komputer online setidaknya bisa mencegah dari serangan HACKER atau program-program berbahaya seperti Trojan, Worm, Malware dan jenis virus lainnya yang mencoba mengakses masuk ke komputer kita melalui jaringan komputer atau internet. Firewall ini juga bisa mencegah program berbahaya yang akan menyusup masuk pada komputer melalui program-prograng yang bertujuan untuk mengirimkan informasi seluruh data-data pada komputer kita ke komputer lain yang berada dalam satu jaringan komputer atau internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar